Ketika membicarakan lapisan anti karat dalam produk rangka atap baja ringan, sering kita mendengar ungkapan dalam bahasa yang lugas bahwa galvalum lebih kuat dari galvanis, dalam beberapa kesempatan ada yang menyebut galvalum lebih kuat sampai empat kali daripada galvanis. Betulkah Pernyataan ini? Apa acuan dari pernyataan ini? Itulah yang seharusnya kita pertanyakan lebih jauh.

Sebagai sebuah contoh ekstrim saya yakin hampir 99% pembaca akan setuju bila ada yang mengatakan bahwa emas lebih mahal dari perak, pernyataan ini betul bila emas dan perak yang kita perbandingkan mempunyai satuan berat yang sama. Bagaimana kondisinya bila yang kita perbandingkan adalah 1000 kg perak dengan 1 gr emas? Tentunya pernyataan awal tadi sudah tidak relevan lagi. Walaupun tidak se-ekstrim itu tapi mirip seperti inilah kondisi nyata yang ada saat ini, banyak produsen mengatakan mereka menjual produk mereka dengan lapisan A atau lapisan B tanpa mereka mengatakan berapa kadar pelapisan yang mereka pakai. Banyak produsen hanya mengatakan lapisan A lebih kuat dari B tanpa ada acuan formal yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pemakaian anti karat sesuai dengan standar internasional ASTM A 1003/A 10003M-05 adalah MINIMAL 150 gram/m2 untuk pelapisan Galvalum/Almunium Zinc dan MINIMUM 180 gr/m2 untuk pelapisan Galvanis. Mengapa standar internasional? Karena sampai saat ini belum ada standar nasional untuk sistem rangka atap baja ringan, sehingga standar internasional menjadi acuan yang relevan. Setelah mengetahui hal ini para konsumen dapat memilih apapun juga pelapisannya selama kadarnya terjamin MELEBIHI standar. Mintalah selalu jaminan tertulis pada kontrak anda untuk menjamin ketebalan lapisan anti karat rangka atap yang anda beli. Walaupun belum ada standar nasional struktur rangka atap baja ringan, bukan berarti produsen dapat menjual barang dengan kualitas di bawah standar yang seharusnya, tetapi bertanggung jawab memberikan informasi yang benar kepada calon konsumennya, karena itu mari kita selalu CERMAT .
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: